Sabtu, 28 Juli 2012

Dari LDK Untuk Umat Islam Rohingya

Bismillahirrahmanirrahim.
Segala puji bagi Allah yang berfirman : ,Dan jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (Al Anfal : 72)
Dan sholawat serta salam kepada rosulNya yang bersabda :

Permisalan mu'min satu dengan yang lain dalam kecintaannya dan kasih sayangnya dan rasa simpatinya adalah seperti satu tubuh,jika salah satu anggota tubuhnya sakit maka seluruh badannya akan merasakan sakit atau panas pula.Seperti yang kita tahu, masalah konflik yang terjadi antar pemeluk agama di Myanmar, yaitu antara umat Muslim versus pemeluk Buddha semakin membuat kondisi memanas dengan adanya Genocide Umat Islam oleh Pemeluk Budha dan Pasukan Keamanan yang “pro-Budhis” yang kemudian menjadi salah satu isu dunia islam tersebut patut untuk dicermati dan ditindak bersama!

Kondisi di Burma (Myanmar) masih terus terjadi dan dibiarkan terjadi terhadap penduduk Muslim Rohingya hingga sampai saat ini jumlah kematian ribuan jiwa.

Berita yang dilansir oleh arrahmah.com  28 Juli 2012, Kekejaman terhadap Muslim di Burma telah meningkat beberapa bulan terakhir, puluhan ribu nyawa Muslim telah melayang akibat kebenginsan etnis Buddhis dan pasukan 'keamanan' yang pro-Buddhis. Pemerintah Burma hingga kini membiarkan hal tersebut terus terjadi. Bahkan Presiden Burma berniat mengusir Muslim Rohingya dari negaranya jika ada negara ketiga yang mau menerima mereka sebagai pengungsi. Sementara Muslim yang berusaha mengungsi ke negara-negara terdekat, juga menghadapi penolakan oleh otoritas keamanan karena dianggap 'ilegal'

Pemerintahan Myanmar sampai saat ini di pegang oleh Junta Militer sangat kuat dan tidak menggubris meski kini menghadapi tekanan internasional. Bahkan parlemen yang pernah dibentuk setelah pemilu tahun 1990 pun tidak berbuat apa-apa. Malah pemimpinnya, Aung San Suu Kyi menjadi tahanan politik.

Seperti dikatakan oleh ketua Asosiasi Muslim Myanmar saat diwawancarai hidayatullah.com (akses pada 18/06/12), U Kyaw Zwa, bahwa hubungan buruk antara umat Islam dengan Buddha tersebut dipelihara dengan sengaja oleh pihak militer untuk menjadi kambing hitam atas setiap masalah yang sebenarnya dilakukan oleh militer sendiri. Karena itu, perlawanan untuk menekan Junta militer kemungkinan akan menurunkan permusuhan antara dua kelompok bertikai.
Meskipun reformasi politik telah dicanangkan pemerintah Myanmar sejak 2011 lalu, tetapi masih diragukan oleh banyak pihak. Baru-baru ini polisi menindak secara brutal kepada para demonstran yang hanya menuntut agar akses dan layanan listrik diperbaiki. Disinyalir karena masih adanya sejumlah petinggi militer yang antireformasi. (kompas.com, akses pada 18/06/12).seperti yang rosul sabdakan : barang siapa yang membantu hajat keperluan saudaranya muslim maka Allah akan selalu membatu segala hajat keperluannya,dan barang siapa yang melapangkan atau meringankan kesusahan saudaranya muslim maka Allah akan melapangkan dan meringankan dengannya segala kesusahannya pada hari kiamat kelak.

Dan Allah berfirman :  Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. ... (At Taubah : 21)

Dan firmanNya : Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (Al Hujurat : 10)
Dan firmanNya : Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Muhammad : 7)Dengan kondisi tersebut Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Indonesia menyatakan sikap dan tindakan yang dialami oleh Umat Islam Rohingya yang merupakan saudara muslim di Myanmar, berikut pernyataannya.

Pernyataan SIKAP FSLDK terkait Kondisi Muslim Rohingya:
1. Mengecam penindasan dan pembantaian warga dan tentara Myanmar terhadap kaum Muslimin di Rohingya
2. Tindakan tersebut merupakan diskriminasi terhadap kaum muslimin di Rohingya dan melanggar hak asasi manusia
3. Mendesak Pemerintah RI utk turut aktif membantu penyelesaian konflik di Rohingya
4. Menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu kaum Muslimin di Rohingya baik secara moril mapun materil.


Allahummashuril islam wal ikhwana wal mujahidina fii filistiin wa fii libanin wa fii suri'ah wa fii burma wa fii kulli makan amin yaa Rabbal ‘alamin. "Semoga Allah menolong Islam dan Saudara2 kita dan mujahid2 di Palestina, di Lebanon, di Suri'ah, di Burma dan di Setiap Tempat, amin yaa rabbal'alamin."


Bantuan akan dikumpulkan dan disalurkan melalui Puskomnas FSLDK
Dana dapat dikrimkan ke
Bank Muamalat No Rek. 9207799699
atas nama Edy Siswanto (Ketua Puskomnas FSLDK @LDK AL HURIYYAH IPB – 085714046803)
@fsldkindonesia 


By :
PUSKOMDA FSLDK BANDUNG RAYA

0 comments:

Posting Komentar